5 Peralatan Elektronik Berdaya Besar Bikin Tagihan Listrik Melonjak

Edit
5 Peralatan Elektronik Berdaya Besar Bikin Tagihan Listrik Melonjak

Dinilai sebagai salah satu sumber pengeluaran rumah tangga yang sifatnya fluktuatif, kamu tentu pernah mengalami tagihan biaya listrik yang kadang naik turun tak menentu, bukan? Ketika tagihan listrik mengalami peningkatan yang drastis, tentu saja ini menjadi beban tersendiri karena sangat berdampak pada kondisi finansial keluarga.

Pada dasarnya, melonjaknya tagihan listrik terjadi karena ada beberapa peralatan elektronik yang mempunyai daya besar di rumah.

Lantas, apa saja kira – kira peralatan elektronik berdaya besar yang secara tidak sadar sering kita gunakan secara fatal?

1. Lampu

Lampu merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling penting lantaran berfungsi untuk menerangi setiap ruangan yang ada di rumah.

Karena sangat pentingnya penggunaan lampu ini, terkadang seseorang sering kali teledor menggunakan lampu dengan membiarkankan hidup sepanjang hari tanpa dimatikan.

Padahal jika hal ini terus menerus dilakukan, maka yang ada biaya tagihan listrik yang harus kamu bayarkan akan meningkat.

Agar menghemat tagihan listrik, sebaiknya kamu mematikan lampu jika tidak digunakan dan bisa juga mengganti semua lampu di rumah dengan lami jenis LED yang hemat daya listrik.

2. Setrika Baju

Tampil dengan pakaian yang rapi memang menjadi salah satu kenyamanan tersendiri bagi seseorang ketika pergi ke acara – acara tertentu.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat seseorang sering kali memutuskan untuk menyetrika baju terlebih dahulu sebelum pergi ke acara yang akan dikunjungi.

Disini, tahukah kamu bahwa penggunaan setrika ini sendiri ternyata juga dinilai sebagai peralatan elektronik yang memiliki daya besar.

Bahkan ketika kamu mengatur suhu setrika ke tingkat yang paling panas, maka akan semakin banyak daya listrik yang diserap peralatan elektronik tersebut.

Sebagai upaya menghemat biaya listrik, sebaiknya kamu gunakan setrika secara efisien dengan memilih pakaian sesuai dengan jenis bahannya.

3. Rice Cooker

Peralatan elektronik yang mempunyai daya besar selanjutnya yakni rice cooker atau alat penanak nasi.

Hampir sebagian besar ibu rumah tangga memiliki alat elektronik ini untuk memudahkan dalam memasak nasi tanpa perlu menggunakan kompor.

Namun jika dilihat dari penggunaan daya listriknya sendiri, siapa sangka jika rice cooker ternyata memiliki daya serap listrik yang besar. 

Apalagi jika alat tersebut selalu dinyalakan sepanjang hari tanpa kamu mencabut kabelnya.

Agar hal ini tidak menambah tagihan biaya listrik, maka sebaiknya kamu copot kabel rice cooker jika nasi sudah matang.

Dan colokkan kabel kembali ke posisi warm ketika sudah memasuki waktu makan.

4. Kulkas

Kamu tentu tahu, bahwa penggunaan kulkas atau lemari es ini memang dinilai sebagai alat elektronik yang paling menyedot daya listrik besar lantaran harus dinyalakan setiap saat.

Kendati demikian, hal ini bukan berarti kita tidak bisa mengakali untuk menghemat penggunaan listrik dari pemakaian kulkas itu sendiri.

Sebab, disini kamu bisa melakukan beberapa upaya menghemat daya listrik pada kulkas di antaranya seperti tidak memasukkan makanan atau minuman panas ke kulkas, tidak memasukkan barang – barang tidak penting ke kulkas dan selalu rutin membersihkan kondensor kulkas.

5. AC / pendingin ruangan

Membengkaknya tagihan listrik juga bisa saja terjadi jika kamu di rumah memakai atau menggunakan AC / pendingin ruangan setiap harinya.

Meskipun memiliki daya serap listrik yang besar, kamu bisa meminimalisir penggunaan listrik pada AC dengan beberapa cara.

Di antaranya yakni seperti mengatur suhu AC sesuai dengan kebutuhan, memastikan ruangan dalam keadaan tertutup agar ruangan lebih cepat dingin, menggunakan AC dengan kekuatan yang seimbang dengan luas ruangan serta rajin membersihkan dan merawat peralatan AC.

Itulah tadi beberapa peralatan elektronik yang mempunyai daya besar dan beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan dalam menghemat biaya tagihan listrik di rumah.

Komentar

URL Copied!