Tips Membeli Motor Tua Supaya Tidak Menyesal

Edit
Tips Membeli Motor Tua Supaya Tidak Menyesal

Sebelum membeli motor tua, kamu harus tau tips-tipsnya supaya setelah dil membeli tidak menyesal nantinya.

Motor tua saat ini memang sedang hits di kalangan anak muda. Entah hanya untuk sekedar memiliki sebagai investasi atau untuk touring motor tua bersama teman.

Beberapa yang harus di perhatikan saat mau membeli motor tua. Jangan asal setuju karena ingin cepat cepat memilikinya. Ini dia tips tips saat membeli motor tua.

Kelengkapan Surat Surat

Cek dulu ke penjual apakah surat surat motor yang mau di beli lengkap. Cek BPKB dan STNK apakah sudah sesuai dengan plat nomor.

Selain itu, kamu juga harus cek apakah STNK tidak ada tunggakan pajak, supaya nanti kamu tidak menyesal karna menambah biaya untuk mengurus surat-suratnya.

No Rangka dan No Mesin

Cek no rangka dan nomer mesin akur atau tidak dengan surat-surat. Karena marak pencurian motor, motor jadi di oplos dan tak sesuai dengan surat-surat.

Jika nomor mesin dan rangka tidak sesuai, suatu saat akan menyusahkan kamu untuk memperpanjang surat-surat saat cek fisik.

Periksa Kondisi Rangka Body Motor

Pemeriksaan selanjutnya yaitu rangka dan body motor, apakah ada kerusakan. Seperti kerangka kropos, kerangka sudah di modifikasi, atau bodi banyak yang rusak.

Jika motor yang akan kamu beli mengalami kropos atau kerusakan lainnya, nantinya bakal merugikanmu untuk proses perbaikan. Karena perbaikan kerangka dan body motor tua membutuhkan banyak biaya.

Performa Mesin

Performa mesin jadi salah satu hal terpenting. Kamu harus tau seberapa bagus performa mesin motor yang akan kalian beli.

Salah satu motor bekas yang tidak bagus yaitu susah di nyalakan saat masih dingin, motor mbrebet saat di tarik gas, atau ada cairan oli kaluar dari selah-selah mesin.

Suara Mesin

Kamu bisa cek apakah mesin masih bagus atau tidak dengan cara mendengarkan suara mesin. Suara mesin yang masih bagus akan kedengaran lebih enak.

Misalkan mesin motor yang sudah tidak bagus, terdengar seperti suara ketukan di dalam mesin karena setang seher sudah aus. Suara seperti goresan karena rantai keteng yang perlu di ganti, atau suara berisik yang aneh kedengeran dari dalam mesin saat di nyalakan.

Kelistrikan

Bagian kelistrikan juga sangatlah penting, cek apakah kelistrikan masih normal dengan cara menyalakan motor dengan starter, menyalakan kelakson, dan lampu-lampu.

Jika ada yang tidak bekerja, kalian bisa nego harganya dengan alasan tersebut. Karena biaya untuk memperbaiki kelistrikan juga tidak sedikit.

Kondisi Apakah Komponen Orisinil

Bagi kalangan kolektor, komponen orisinil adalah hal mutlak. Motor jadul yang orisinil memiliki nilai histori yang kuat.

Jika motor yang di beli memakai komponen imitasi, kamu bisa nego ke si penjual. Jika suatu saat kamu beli sendiri komponen orisinil di pasaran untuk menggati komponen yang palsu tersebut, bakalan lebih mahal. Apalagi motor yang kamu beli merupakan motor tua incaran para kolektor.

Lakukan Tes Ride

Lakukan tes ride untuk mencoba apakah ada yang tidak enak. Mencoba apakah stang motor normal dan stabil saat take over, apakah kaki kaki normal, seperti shokbreaker masih empuk dan lain-lain.

Hal terpenting lainnya seperti mengecek rem, perpindahan gigi, akselerasi serta kenyamanan saat di gunakan untuk berkendara.

Cek Harga Pasaran

Kamu juga sudah harus cek pasaran motor tua yang akan kamu beli. Kalo kamu tidak tau pasaran, bisa bisa malah kena tipu sama penjual dengan harga yang lebih mahal.

Itulah tips membeli motor tua, yaaa, kamu juga harus lebih memilih dan hati-hati. Kalo salah membeli motor tua, suatu saat malah bakal menyesal.

Komentar

URL Copied!